Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester : 2/1
Tema : 1 (Hidup Rukun)
Sub Tema : 1 (Hidup Rukun di Rumah)
Pembelajaran
ke :2
Kompetensi Inti
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kopetensi dasar
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu dirumah dan di sekolah
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman dilingkungan rumah dan sekolah
Indikator :
3.3.1 Menyebutkan
keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
4.3.1 Menceritakan kebersamaan keluarga dengan
anggota keluarga yang berbeda kegemaran
/ hobi
Materi :
Keragaman berasal dari kata
ragam yang menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) artinya : tingkah laku,
macam jenis, lagu musik : langgam, warna :corak : ragi, laras (tata bahasa).
Keragaman manusia bukan berarti manusia itu bermacam-macam atau berjenis-jenis
seperti halnya binatang dan tumbuhan. Manusia sebagai makhluk Tuhan tetaplah
berjenis satu. Keragaman manusia dimaksudkan bahwa setiap manusia memiliki
perbedaan. Perbedaan itu ada karena manusia adalah makhluk individu yang setiap
individu memiliki cirri-ciri khas tersendiri. Perbedaan itu terutama ditinjau
dari sifat-sifat pribadi, misalnya sikap, watak, kegemaran, kelakuan,
temperamen, dan hasrat.
Hidup rukun adalah tidak bertengkar
dengan orang lain dan saling tolong menolong. Manfaat hidup rukun adalah
sebagai berikut:
- Meringankan beban yang perlu bantuan
- Dapat mempererat persaudaraan
- Memperkuat persatuan.
Contoh hidup
rukun di rumah
Di
lingkungan rumah, hidup rukun dilakukan antara anggota keluarga. Dalam anggota
keluarga ada orang tua dan anak-anak. Orang tua menyayangi anak-anak. Anak-anak
menghormati orang tua.
- bermain dengan baik
- belajar dengan kakak
- makan bersama keluarga
- membantu orang tua
- meminjami adik mainan
Perhatikan
gambar dibawah ini !
Selain bermain
udin dan mutiara mempunyai
kegemaran yang berbeda
udin gemar membaca buku cerita hewan
mutiara gemar bermain boneka
meskipun berbeda kegemaran , mereka tetap dapat bermain dengan rukun
Udin dan mutiara mempunyai kegemaran
yang berbeda. Bertanyalah kepada teman di sampingmu mengenai kegemarannya dan
kegemaran anggota keluarga yang lain. Ceritakan kepada temanmu bagaimana
menjaga kebersamaan di dalam keluargamu, meskipun berbeda kegemaran! Udin dan mutiara
tidak hanya rukun dalam bermain. Mereka juga rukun dalam melakukan tugas masing
masing.
Mereka saling
menolong dalam menyelesaikan tugas masing-masing.
Mutiara bertugas
membersihkan halaman rumah.
Udin membantu
kakaknya membersihkan halaman.
Tugas utama Udin
adalah merapikan tempat tidurnya.
Mutiara membantu adiknya
merapikan tempat tidur.
·
Daftar pustaka:
·
buku tematik terpadu kurikulum 2013 Tema
1 kelas 2 SD
http://kangguruu.blogspot.com/2016/05/pengertian-hidup-rukun.html
Sangat membantu👍
BalasHapusTitanium Easy's flux 125 amp welder
BalasHapusTithinium, a leading performance-grade titanium alloy nier platinum, weighs less than 100 g. The titanium plumbing platinum ion titanium pots and pans core is extremely resistant to rust, while its platinum ion core is 출장안마 only a few Rating: 4.2 · iron titanium 25 reviews